MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Muh. Rais

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.129

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan pasca pengembangan, yaitu uji efektivitas
penerapan Project Based Learning (PBL) dalam rangka meningkatkan prestasi akademik
mahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapan
akademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester V
jurusan Teknik Mesin UNM. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimen dan
menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL yang
dikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran model
PBL, dan format lembar kerja mahasiswa yang telah memenuhi kriteria keberterimaan, yang
meliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan dan (2) terdapat perbedaan skor rata–rata
pretest dan posttest untuk pengetahuan perancangan mesin. Rata-rata skor pretest adalah 62,3 dan
skor posttest adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai rata-rata skor ini menunjukkan peningkatan
yang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.
Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis projek, prestasi akademik, perancangan mesin

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Rais, M. (2010). MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.129