PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkanmultimedia mata kuliah Media Pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran, (2)
mendeskripsikan kelayakan multimedia yang telah dihasilkan, dan (3) menjelaskan kualitas
pembelajaran setelah menggunakan multimedia. 36 Mahasiswa dilibatkan dalam evaluasi formatif
yang terbagi dalam uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Evaluasi sumatif
melibatkan 37 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data yang dikumpulkan berasal dari
ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes hasil
belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
ini adalah: (1) multimedia telah dihasilkan melalui lima tahap pengembangan; (2) kelayakan aspek
pembelajaran, isi, tampilan, dan teknis dari produk multimedia pembelajaan ini termasuk dalam
kategori baik dengan skor berturut-turut 4,05; 4,22; 4,00; dan 4,05; dan (3) produk multimedia
pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Media Pembelajaran.
Kata-kata kunci: multimedia, kualitas pembelajaran, media pembelajaran
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Suartama, I. K. (2010). PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)