PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Penulis

  • I Kadek Suartama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan
multimedia mata kuliah Media Pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran, (2)
mendeskripsikan kelayakan multimedia yang telah dihasilkan, dan (3) menjelaskan kualitas
pembelajaran setelah menggunakan multimedia. 36 Mahasiswa dilibatkan dalam evaluasi formatif
yang terbagi dalam uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Evaluasi sumatif
melibatkan 37 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data yang dikumpulkan berasal dari
ahli materi, ahli media, dan mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes hasil
belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian
ini adalah: (1) multimedia telah dihasilkan melalui lima tahap pengembangan; (2) kelayakan aspek
pembelajaran, isi, tampilan, dan teknis dari produk multimedia pembelajaan ini termasuk dalam
kategori baik dengan skor berturut-turut 4,05; 4,22; 4,00; dan 4,05; dan (3) produk multimedia
pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Media Pembelajaran.
Kata-kata kunci: multimedia, kualitas pembelajaran, media pembelajaran

Diterbitkan

2010-10-01

Cara Mengutip

Suartama, I. K. (2010). PENGEMBANGAN MUTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130

Terbitan

Bagian

Articles