PEMAHAMAN DAN ORIENTASI NILAI PANCASILA MAHASISWA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Authors

  • Sukadi -

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat pemahaman mahasiswa
terhadap Pancasila, 2) mendeskripsikan orientasi nilai Pancasila, (3) mendeskripsikan efektivitas
pembelajaran Pendidikan Pancasila, dan (4) menjelaskan hubungan antara efektivitas pembelajaran
Pendidikan Pancasila dengan tingkat pemahaman dan orientasi nilai Pancasila mahasiswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Penelitian
dilakukan pada mahasiswa Undiksha yang telah mengikuti kuliah Pendidikan Pancasila pada
semester ganjil tahun akademik 2009/2010 sejumlah 306 orang yang dipilih secara purpossive dan
multistage sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner, tes
objektif pilihan ganda, dan inventori nilai Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalah
secara statistik deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman
mahasiswa terhadap Pancasila berada pada kategori cukup; (2) orientasi nilai Pancasila
mahasiswa dan tingkat efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila berada pada kategori tinggi;
dan (3) ada perbedaan orientasi nilai Pancasila mahasiswa yang signifikan ditinjau dari tingkat
efektivitas pembelajaran, dimana mahasiswa yang menilai pembelajaran berlangsung sangat
efektif paling tinggi pula tingkat orientasi nilai Pancasilanya.
Kata-kata kunci: pemahaman Pancasila, orientasi nilai Pancasila, dan efektivitas pembelajaran
Pendidikan Pancasila

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

-, S. (2010). PEMAHAMAN DAN ORIENTASI NILAI PANCASILA MAHASISWA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.131