PEMAHAMAN DAN ORIENTASI NILAI PANCASILA MAHASISWA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.131Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat pemahaman mahasiswaterhadap Pancasila, 2) mendeskripsikan orientasi nilai Pancasila, (3) mendeskripsikan efektivitas
pembelajaran Pendidikan Pancasila, dan (4) menjelaskan hubungan antara efektivitas pembelajaran
Pendidikan Pancasila dengan tingkat pemahaman dan orientasi nilai Pancasila mahasiswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Penelitian
dilakukan pada mahasiswa Undiksha yang telah mengikuti kuliah Pendidikan Pancasila pada
semester ganjil tahun akademik 2009/2010 sejumlah 306 orang yang dipilih secara purpossive dan
multistage sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner, tes
objektif pilihan ganda, dan inventori nilai Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalah
secara statistik deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman
mahasiswa terhadap Pancasila berada pada kategori cukup; (2) orientasi nilai Pancasila
mahasiswa dan tingkat efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila berada pada kategori tinggi;
dan (3) ada perbedaan orientasi nilai Pancasila mahasiswa yang signifikan ditinjau dari tingkat
efektivitas pembelajaran, dimana mahasiswa yang menilai pembelajaran berlangsung sangat
efektif paling tinggi pula tingkat orientasi nilai Pancasilanya.
Kata-kata kunci: pemahaman Pancasila, orientasi nilai Pancasila, dan efektivitas pembelajaran
Pendidikan Pancasila
Unduhan
Diterbitkan
2010-10-01
Cara Mengutip
-, S. (2010). PEMAHAMAN DAN ORIENTASI NILAI PANCASILA MAHASISWA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.131
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)