PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS INKUIRI

Authors

  • Ketut Suma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.132

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis Inkuiri 5E Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian diawali dengan need assessment di tiga sekolah RSBI, kemudian diikuti dengan perancangan model, dan uji coba terbatas. Hasil need assessment menunjukkan bahwa untuk pengembangan pembelajaran bilingual teridentifikasi kebutuhan sebagai berikut: (1) silabus dalam bahasa Inggris dan Indonesia; (2) perangkat pembelajaran dalam bahasa Inggris dan Indonesia; (3) guru Fisika yang memiliki kompetensi bahasa Inggris dengan skor TOEFL ≥500; (4) contoh-contoh model pembelajaran bi-lingual; dan (5) guru Fisika yang berkualifikasi S-2 minimal 30%. Menurut penilaian pakar, Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis Inkuiri 5E Menggunakan TIK sangat layak diimplemetasikan. Sementara itu, uji coba terbatas menunjukkan bahwa rata-rata gain skor ternor-malisasi (g) = 0,7. Ini berarti, model pembelajaran ini sangat efektif dalam meningkatkan pengua-saan siswa terhadap materi pelajaran.
Kata-kata Kunci: pembelajaran bilingual preview-review, inkuiri 5E, penguasaan fisika siswa

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

Suma, K. (2011). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS INKUIRI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.132

Issue

Section

Articles