PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS INKUIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.132Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis Inkuiri 5E Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian diawali dengan need assessment di tiga sekolah RSBI, kemudian diikuti dengan perancangan model, dan uji coba terbatas. Hasil need assessment menunjukkan bahwa untuk pengembangan pembelajaran bilingual teridentifikasi kebutuhan sebagai berikut: (1) silabus dalam bahasa Inggris dan Indonesia; (2) perangkat pembelajaran dalam bahasa Inggris dan Indonesia; (3) guru Fisika yang memiliki kompetensi bahasa Inggris dengan skor TOEFL ≥500; (4) contoh-contoh model pembelajaran bi-lingual; dan (5) guru Fisika yang berkualifikasi S-2 minimal 30%. Menurut penilaian pakar, Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis Inkuiri 5E Menggunakan TIK sangat layak diimplemetasikan. Sementara itu, uji coba terbatas menunjukkan bahwa rata-rata gain skor ternor-malisasi (g) = 0,7. Ini berarti, model pembelajaran ini sangat efektif dalam meningkatkan pengua-saan siswa terhadap materi pelajaran.Kata-kata Kunci: pembelajaran bilingual preview-review, inkuiri 5E, penguasaan fisika siswa
Downloads
Published
2011-04-01
How to Cite
Suma, K. (2011). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BILINGUAL PREVIEW-REVIEW BERBASIS INKUIRI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.132
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)