Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang

Authors

  • I Gusti Ngurah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1686

Abstract

Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas XI PSIA-1 SMA Negeri 1 Rendang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek  kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotor (keterampilan), dan  mendeskripsikan respon (pendapat) siswa terhadap implementasi model pembelajaran WAVE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran WAVE dapat diterima siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dan dapat meningkatkan kompetensi dasar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata aspek kognitif 57,81 (34,38%) pada siklus I, 66,88 (53,13%) pada siklus II, dan 76,56 (100%) pada siklus III. Pada aspek afektif  nilai rata-rata 8,05 kategori kurang baik (50,00%) pada siklus I, 10.45 kategori cukupbaik (62,50%) pada siklus II, dan 11,97 kategori baik (75,00%) pada siklus III. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata 8,64  kategori kurang tinggi (53,13%) pada siklus I, pada siklus II  nilai rata-rata 10,66 kategori cukup tinggi (59,38%), dan pada siklus III nilai rata-rata 12,67 kategori tinggi (62,50%). Demikian halnya dengan respon siswa, nilai rata-rata  37,19 kategori kurang positif (56,25%)pada siklus I, di siklus II nilai rata-rata 46,66 ada pada kategori cukup positif (59,38%), dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,84  kategori positif (65,63%).

Kata-kata Kunci: model WAVE, hasil belajar, pembelajaran kimia

Downloads

Published

2013-04-04

How to Cite

Mataram, I. G. N. (2013). Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1686