Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1686Abstract
Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas XI PSIA-1 SMA Negeri 1 Rendang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotor (keterampilan), dan mendeskripsikan respon (pendapat) siswa terhadap implementasi model pembelajaran WAVE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran WAVE dapat diterima siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dan dapat meningkatkan kompetensi dasar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata aspek kognitif 57,81 (34,38%) pada siklus I, 66,88 (53,13%) pada siklus II, dan 76,56 (100%) pada siklus III. Pada aspek afektif nilai rata-rata 8,05 kategori kurang baik (50,00%) pada siklus I, 10.45 kategori cukupbaik (62,50%) pada siklus II, dan 11,97 kategori baik (75,00%) pada siklus III. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata 8,64 kategori kurang tinggi (53,13%) pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata 10,66 kategori cukup tinggi (59,38%), dan pada siklus III nilai rata-rata 12,67 kategori tinggi (62,50%). Demikian halnya dengan respon siswa, nilai rata-rata 37,19 kategori kurang positif (56,25%)pada siklus I, di siklus II nilai rata-rata 46,66 ada pada kategori cukup positif (59,38%), dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,84 kategori positif (65,63%).
Kata-kata Kunci: model WAVE, hasil belajar, pembelajaran kimiaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)