Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa

Authors

  • Luh Maharani Merta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1688

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa secara bersama-sama dan terpisah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent posttes only control group design yang melibatkan sampel 127 siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing terdiri atas 62 dan 65 siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur penguasaan konsep koloid siswa dan kuesioner digunakan mengukur sikap ilmiah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah  (1) ada perbedaan yang signifikan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) ada perbedaaan yang signifikan penguasaan konsep koloid antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) ada perbedaaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru-guru kimia hendaknya menerapkan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa.

Kata-kata Kunci:model pembelajaran kontekstual, penguasaan konsep koloid, sikap ilmiah.

Downloads

Published

2013-05-01

How to Cite

Merta, L. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1688