Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1688Abstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa secara bersama-sama dan terpisah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent posttes only control group design yang melibatkan sampel 127 siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing terdiri atas 62 dan 65 siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur penguasaan konsep koloid siswa dan kuesioner digunakan mengukur sikap ilmiah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) ada perbedaaan yang signifikan penguasaan konsep koloid antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) ada perbedaaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru-guru kimia hendaknya menerapkan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa.
Kata-kata Kunci:model pembelajaran kontekstual, penguasaan konsep koloid, sikap ilmiah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)