Penerapan Metode Akuntamatika Menggunakan Model Kooperatif untuk Meningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar

Authors

  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Pengantar I serta mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan metode akuntansi berbasis matematika (akuntamatika) menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas D pada semester ganjil 2012/2013 yang melibatkan 33 (tiga puluh tiga) orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, pedoman observasi, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Siswa yang sebelumnya tidak aktif, tidak dapat bekerja sama, pada siklus 2 telah mengalami perubahan yang signifikan. Penerapan metode ini juga meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata 75,98 pada siklus I meningkat menjadi 80,21 pada siklus II. Meskipun terjadi peningkatan hasil belajar, namun ketuntasan minimal belum dapat tercapai. Hal ini dikarenakan masih terdapat 3 (tiga) orang mahasiswa yang mendapat nilai dibawah 70. Secara keseluruhan, metode pembelajaran yang diterapkan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Kata-kata Kunci:akuntamatika, kooperatif STAD, partisipasi, hasil belajar

Downloads

Published

2013-05-01

How to Cite

Herawati, N. T. (2013). Penerapan Metode Akuntamatika Menggunakan Model Kooperatif untuk Meningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1693