Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Rangka Menunjang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus pada Area Garapan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng–Bali

Authors

  • I Wayan Lasmawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1735

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memformulasikan strategi peningkatan mutu pendidikan dan kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tejakula. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif.  Temuan penelitian menunjuk-kan, bahwa (1) kepala cabang dinas pendidikan kecamatan Tejakula telah memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang strategi peningkatan mutu pendidikan dan kinerja guru dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, (2) para kepala sekolah dasar telah melakukan seperangkat upaya untuk meningkatkan kinerja guru di sekolahnya, (3) masalah utama pendidikan di kecamatan Tejakula adalah kurangnya fasilitas pembelajaran di setiap sekolah, dan (4) kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tejakula telah cukup baik dalam menerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Kata kunci : strategi, mutu pendidikan, kinerja guru

Downloads

Published

2009-07-31

How to Cite

Lasmawan, I. W. (2009). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Rangka Menunjang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus pada Area Garapan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng–Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2 Jul). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1735

Issue

Section

Articles