Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru Sekolah Dasar dalam Rangka Menunjang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus pada Area Garapan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng–Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1735Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memformulasikan strategi peningkatan mutu pendidikan dan kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tejakula. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Temuan penelitian menunjuk-kan, bahwa (1) kepala cabang dinas pendidikan kecamatan Tejakula telah memiliki wawasan dan pengetahuan yang memadai tentang strategi peningkatan mutu pendidikan dan kinerja guru dalam penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi, (2) para kepala sekolah dasar telah melakukan seperangkat upaya untuk meningkatkan kinerja guru di sekolahnya, (3) masalah utama pendidikan di kecamatan Tejakula adalah kurangnya fasilitas pembelajaran di setiap sekolah, dan (4) kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Tejakula telah cukup baik dalam menerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Kata kunci : strategi, mutu pendidikan, kinerja guru
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)