Meningkatkan Keefektifan Pujian Dan Kritik Dalam Pengelolaan Perilaku Belajar Siswa Kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng

Authors

  • I Dewa Putu Raka Rasana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1736

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahw pujian dan kritik efektif  dipergunakan dalam pengelolaan  perilaku belajar siswa kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng tahun ajaran 2008/2009. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Data  dianalisis secara deskriptif. Prosedur pengolahan data adalah sebagai berikut: (1) deskripsi data, (2) analisis kesalahan, (3) situasi kelas, (4) prosentase Perilaku belajar, dan (5) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pujian dan kritik yang tepat adalah efektif  dipergunakan dalam pengelolaan perilaku belajar siswa kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng tahun ajaran 2008/2009. Hal itu ditunjukkan melalui beberapa kali pengamatan. Pengamatan awal menunjukkan bahwa suasana kelas tidak kondusif atau masih buruk. Hasil pengamatan berikutnya dalam siklus 1 menunjukkan bahwa suasana kelas sudah baik; dengan prosentase perilaku belajar 70% setelah guru yang mengajar Bahasa Bali menerapkan pujian dan kritik secara tepat. Hasil pengamatan berikutnya lagi dalam siklus 2 menunjukkan bahwa suasana kelas sudah lebih baik prosentase perlaku belajar 90% setelah guru tersebut menerapkan pujian dan kritik secara tepat. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para guru SD untuk mempelajari teori tentang pujian dan kritik secara men-dalam dan cara penerapannya secara tepat, agar mereka tidak mengorbankan para siswa  dalam jebakan kritik dalam melakukan pembelajaran di kelas.

 

Downloads

Published

2009-07-31

How to Cite

Rasana, I. D. P. R. (2009). Meningkatkan Keefektifan Pujian Dan Kritik Dalam Pengelolaan Perilaku Belajar Siswa Kelas 3 SD No. 1 Kerobokan, Sawan, Buleleng. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1736

Issue

Section

Articles