Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Teknik Sispem Pada Siswa SMAN 1 Singaraja

Authors

  • I Nengah Suandi
  • Ni Made Halustini
  • Nyoman Widiarsini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1738

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik sispem dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 1 Singaraja. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMAN1 Singaraja tahun 2008. Data yang telah dikumpulkan dengan metode observasi, kuesioner, dan pemberian tugas kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sispem dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN1 Singaraja. Secara kuantitatif, hal ini tampak dari perolehan nilai rata-rata dari 6,8 pada siklus I naik menjadi 7.9 pada siklus II, sedangkan secara kualitatif, hal ini tampak dari hasil pengamatan dan hasil wawancara yang  dilakukan bahwa sebagian besar siswa menyatakan senang terhadap penggunaan teknik sispem dalam pembelajaran menulis karya ilmiah dan cukup memudahkan dalam memahami materi pembelajaran menulis karya ilmiah.

Kata kunci: keterampilan menulis, teknik sispem

Downloads

Published

2009-07-31

How to Cite

Suandi, I. N., Halustini, N. M., & Widiarsini, N. (2009). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Teknik Sispem Pada Siswa SMAN 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(2 Jul). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1738

Issue

Section

Articles