Penguasaan Makna Kata, Simbolisme, Tipografi, dan Kemampuan Membuat Parafrase Sajak Modern Indonesia.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1782Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menemukan (1) tingkat penguasaan makna kata, simbolisme, dan tipografi yang dimiliki oleh mahasiswa S1 PGSD, (2) tingkat kemampuan mahasiswa S1 PGSD dalam membuat parafrase sajak modern Indonesia, dan (3) untuk mencari hubungan antara penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia pada mahasiswa S1 PGSD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Data dianalisis dengan analisis regresi dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan dan hubungan variabel adalah seperti berikut ini. Pertama, penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi, dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia tergolong cukup. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan makna kata, simbolisme, tipografi dan kemampuan membuat parafrase sajak modern Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar semua pihak dalam perkuliahan memberikan perhatian yang lebih intensif dan lebih ekstensif pada materi sajak modern Indonesia.
Kata-kata Kunci: makna kata, simbolisme, tipografi, parafrase, sajak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)