Pengaruh Asesmen Portofolio dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Produktif Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1800Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) perbedaan kemampuan berpikir produktif mahasiswa antara yang belajar dengan asesmen portofolio dan asesmen konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) pengaruh interaktif antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif mahasiswa dalam pembelajaran Laboratorium Statistik Deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen posttest–only control group design. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah Laboratorium Statistik Deskriptif yang berjumlah 68 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik group random sampling dengan cara undian. Data dianalisis mengggunakan ANAVA faktorial 2×2. Temuan penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang belajar dengan asesmen portofolio dan yang belajar dengan asesmen konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) tidak terdapat interaksi antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif.
Kata-kata Kunci: asesmen portofolio, gaya kognitif, berpikir produktifDownloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)