Pengaruh Asesmen Portofolio dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Produktif Mahasiswa

Authors

  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati
  • Lucy Sri Musmini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) perbedaan kemampuan berpikir produktif mahasiswa antara yang belajar dengan asesmen portofolio dan asesmen konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) pengaruh interaktif antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif mahasiswa dalam pembelajaran Laboratorium Statistik Deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan eksperimen posttest–only control group design. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah Laboratorium Statistik Deskriptif yang berjumlah 68 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik group random sampling dengan cara undian. Data dianalisis mengggunakan ANAVA faktorial 2×2. Temuan penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang belajar dengan asesmen portofolio dan yang belajar dengan asesmen konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir produktif antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) tidak terdapat interaksi antara asesmen dan gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuan berpikir produktif.

Kata-kata Kunci: asesmen portofolio, gaya kognitif, berpikir produktif

Downloads

How to Cite

Sulindawati, N. L. G. E., & Musmini, L. S. (2013). Pengaruh Asesmen Portofolio dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Produktif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1800

Issue

Section

Articles