Deteksi dan Eksplorasi Kesesatan Respons Siswa pada Skala Motivasi Berprestasi.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1825Abstract
Skala psikologi banyak dipakai oleh para peneliti untuk mengukur atribut psikologi siswa di SMA. Selama ini belum ada penelitian yang mengidentifikasi secara psikometris seberapa jauh respons yang diberikan mereka terbebas dari kesesatan pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mende-teksi respons siswa yang mengandung kesesatan dan mengeksplorasi persentase siswa yang konsisten mengandung kesesatan pada skala motivasi berprestasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 SMA di 30 kota yang terbagi dalam 10 propinsi di Indonesia. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang berjumlah 2.959 siswa. Instrumen pengukuran yang dipakai adalah skala motivasi berprestasi. Teknik analisis yang dipakai untuk mendeteksi kesesatan respons adalah indeks infit yang dihasilkan dari analisis data berbasis Model Rasch. Data dari pengukuran didapatkan 137 (5%) orang yang cenderung konsisten dalam memberikan respons yang sesat pada ketiga faktor skala. Di sisi lain, konsistensi siswa dalam menghasilkan kesesatan respons untuk dua faktor rata-rata sebesar 259 (9%). Kecilnya nilai persentase ini menunjukkan bahwa penggunaan skala motivasi berprestasi untuk pengukuran atribut psikologi pada siswa SMA sudah tepat.
Kata-kata Kunci: kesesatan respon, motivasi berprestasi, atribut psikologi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)