Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP melalui Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1826Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Nusa Penida pada pelajaran Fisika, khususnya pokok bahasan Gaya dan Hukum Newton dan (2) mendeskripsikan pengubahan konsep-si siswa menjadi konsepsi ilmiah melalui penciptaan lingkungan belajar konstruktivis berbasis masalah (KOMA) pada pokok bahasan gaya dan hukum Newton. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Penida Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Peneliti-an tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Objek penelitian adalah miskonsepsi siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Miskonsepsi siswa diperoleh dari analisis jawaban siswa terhadap soal pema-haman konseptual yang meminta siswa memberikan alasan terhadap jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) miskonsepsi siswa sangat beragam yang berasal dari interaksi siswa de-ngan lingkungan dan proses pembelajaran atau pembelajaran yang dilakukan sebelumnya, (2) terjadi penurunan persentase sebagian besar jenis miskonsepsi yang dialami siswa setelah dilakukan pembelajaran KOMA. Tingkat penurunan miskonsepsi bervariasi tergantung pada tingkat resistensi dari jenis miskonsepsi. Namun, beberapa jenis miskonsepsi mengalami peningkatan.
Kata-kata Kunci: konstruktivisme, pengubahan konseptual, miskonsepsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)