Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP melalui Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata.

Authors

  • I Wayan Gede Wiradana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1826

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Nusa Penida pada pelajaran Fisika, khususnya pokok bahasan Gaya dan Hukum Newton dan (2) mendeskripsikan pengubahan konsep-si siswa menjadi konsepsi ilmiah melalui penciptaan lingkungan belajar konstruktivis berbasis masalah (KOMA) pada pokok bahasan gaya dan hukum Newton. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Penida Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Peneliti-an tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Objek penelitian adalah miskonsepsi siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Miskonsepsi siswa diperoleh dari analisis jawaban siswa terhadap soal pema-haman konseptual yang meminta siswa memberikan alasan terhadap jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) miskonsepsi siswa sangat beragam yang berasal dari interaksi siswa de-ngan lingkungan dan proses pembelajaran atau pembelajaran yang dilakukan sebelumnya, (2) terjadi penurunan persentase sebagian besar jenis miskonsepsi yang dialami siswa setelah dilakukan pembelajaran KOMA. Tingkat penurunan miskonsepsi bervariasi tergantung pada tingkat resistensi dari jenis miskonsepsi. Namun, beberapa jenis miskonsepsi mengalami peningkatan.

Kata-kata Kunci: konstruktivisme, pengubahan konseptual, miskonsepsi

Downloads

Published

2012-07-01

How to Cite

Wiradana, I. W. G. (2012). Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP melalui Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i2.1826

Issue

Section

Articles