Perangkat Pembelajaran Berorientasi Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1840Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembe-lajaran pada pokok bahasan ”Lingkaran” yang berorientasi discovery-inquiry. Pengembangan pe-rangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur pengembangan model Plomp. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A2, VIII A3, dan VIII A5 SMP Negeri 1 Singaraja. Setelah uji coba, diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 3,1, 3,2, dan 3,5. Skor rata-rata hasil belajar dari uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 86,4, 85,7, dan 94,8. Produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah: (1) alat peraga: mendukung sebagian besar konsep ”Lingkaran” di SMP, dapat diotak-atik dan mudah dioperasi-kan, digunakan untuk peragaan, eksperimen, dan konfirmasi dalam pembelajaran; (2) LKS: dominan memuat persoalan yang berhubungan dengan praktik, menuntun siswa dalam melakukan penyelidikan; dan (3) BPG: sebagai panduan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran ber-orientasi discovery-inquiry, dan memuat jawaban standar atas permasalahan dalam LKS.
Kata-kata Kunci: perangkat pembelajaran, discovery inquiry, aktivitas belajar, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)