Perangkat Pembelajaran Berorientasi Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • I Gusti Agung Oka Yadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1840

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembe-lajaran pada pokok bahasan ”Lingkaran” yang berorientasi discovery-inquiry. Pengembangan pe-rangkat pembelajaran ini mengikuti prosedur pengembangan model Plomp. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A2, VIII A3, dan VIII A5 SMP Negeri 1 Singaraja. Setelah uji coba, diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 3,1, 3,2, dan 3,5. Skor rata-rata hasil belajar dari uji coba I, II, dan III berturut-turut adalah 86,4, 85,7, dan 94,8. Produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah: (1) alat peraga: mendukung sebagian besar konsep ”Lingkaran” di SMP, dapat diotak-atik dan mudah dioperasi-kan, digunakan untuk peragaan, eksperimen, dan konfirmasi dalam pembelajaran; (2) LKS: dominan memuat persoalan yang berhubungan dengan praktik, menuntun siswa dalam melakukan penyelidikan; dan (3) BPG: sebagai panduan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran ber-orientasi discovery-inquiry, dan memuat jawaban standar atas permasalahan dalam LKS.

Kata-kata Kunci: perangkat pembelajaran, discovery inquiry, aktivitas belajar, hasil belajar.

Diterbitkan

2012-10-01

Cara Mengutip

Yadnya, I. G. A. O. (2012). Perangkat Pembelajaran Berorientasi Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1840

Terbitan

Bagian

Articles