Komunikasi dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1842Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peran komunikasi dalam penyelesaian konflik di SD yang memiliki latar belakang yang berbeda penyelenggaraannya di Kabupaten Banyuwangi, yaitu SDN 4 Penganjuran, SDK Santa Maria dan SDU Habibulloh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus, informan ditetapkan secara purposif dengan terlebih dulu menentukan informan kunci, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Data yang terkumpul tersebut diorganisir, ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dapat menyelesaikan konflik di Sekolah Dasar, yaitu melalui: (1) proses komunikasi yang berlangsung secara efektif, santun dan menarik,(2) iklim komunikasi yang berlangsung secara kondusif, dan (3) langkah-langkah penyelesaian konflik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelesaian konflik yang efektif..
Kata-kata Kunci: komunikasi, penyelesaian konflik, sekolah dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)