Komunikasi dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar

Penulis

  • Isparwoto .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1842

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peran komunikasi dalam penyelesaian konflik di SD yang memiliki latar belakang yang berbeda penyelenggaraannya di Kabupaten Banyuwangi, yaitu SDN 4 Penganjuran, SDK Santa Maria dan SDU Habibulloh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus, informan ditetapkan secara purposif dengan terlebih dulu menentukan informan kunci, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Data yang terkumpul tersebut diorganisir, ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dapat menyelesaikan konflik di Sekolah Dasar, yaitu melalui: (1) proses komunikasi yang berlangsung secara efektif, santun dan menarik,(2) iklim komunikasi yang berlangsung secara kondusif, dan (3) langkah-langkah penyelesaian konflik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penyelesaian konflik yang efektif..

Kata-kata Kunci: komunikasi, penyelesaian konflik, sekolah dasar

Diterbitkan

2012-10-01

Cara Mengutip

., I. (2012). Komunikasi dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1842

Terbitan

Bagian

Articles