Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mening-katkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap implementasi model kooperatif tipe group investigation (GI) pada pembelajaran Matematika. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IA SMA Lab Undiksha semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 90,4 pada siklus I menjadi 92,48 pada siklus II dengan kualifikasi cukup aktif, aktif, sampai sangat  aktif sebanyak 63% pada siklus I  dan 75% pada siklus II; (2) skor hasil belajar matematika siswa mencapai 83,29 pada siklus I dan 70,14 pada siklus II; dan (3) 68,57% siswa memberikan tanggapan setuju dan sangat setuju terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada pembelajaran Matematika.

 

Kata-kata Kunci:group investigation, pembelajaran kooperatif, hasil belajar matematika

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Ratnaya, I. G. (2013). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mening-katkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2672

Issue

Section

Articles