Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa.

Authors

  • Ni Kadek Sinarwati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4225

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan soft skills mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Act-Reflect (TTAR) berdasarkan Tri Kaya Parisudha dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terha-dap penerapan model pembelajaran kooperatif tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa semes-ter II (Kelas A) Jurusan Akuntansi Program S1 FEB Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Aka-demik 2011/2012 yang mengikuti perkuliahan Akuntansi Biaya, yaitu sebanyak 36 orang. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berdasar-kan Tri Kaya Parisudha yang didukung oleh materi ajar, lembar kerja mahasiswa, kuis, latihan so-al, kunci jawaban kuis dan latihan soal, tugas-tugas terstruktur secara berkelompok maupun indivi-du dan lembar catatan soft skills mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berda-sarkan Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan soft skills mahasiswa, tetapi masih dalam kategori cukup. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan.

Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif, soft skill, tri kaya parisudha, akuntansi biaya

Downloads

How to Cite

Sinarwati, N. K. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4225