Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4225Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan soft skills mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think-Talk-Act-Reflect (TTAR) berdasarkan Tri Kaya Parisudha dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terha-dap penerapan model pembelajaran kooperatif tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa semes-ter II (Kelas A) Jurusan Akuntansi Program S1 FEB Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Aka-demik 2011/2012 yang mengikuti perkuliahan Akuntansi Biaya, yaitu sebanyak 36 orang. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berdasar-kan Tri Kaya Parisudha yang didukung oleh materi ajar, lembar kerja mahasiswa, kuis, latihan so-al, kunci jawaban kuis dan latihan soal, tugas-tugas terstruktur secara berkelompok maupun indivi-du dan lembar catatan soft skills mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan strategi TTAR berda-sarkan Tri Kaya Parisudha dapat meningkatkan soft skills mahasiswa, tetapi masih dalam kategori cukup. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan.
Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif, soft skill, tri kaya parisudha, akuntansi biaya
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)