Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia

Authors

  • Ketut Ngurah Yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4226

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) kecermatan formula berbasis bahasa Inggris dan formula berbasis bahasa Indonesia (BI), dan (2) perbedaan kecermatan kedua formula tesebut dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia. Rancangan penelitian ini berupa peneli-tian ex-post facto. Populasi primer penelitian ini adalah teks berbahasa Indonesia dalam BSE seba-nyak 12 teks. Populasi sekundernya adalah siswa kelas IX SMP se-Kota Singaraja Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 1770 orang. Sampel primer ditentukan secara quota sampling sebanyak 5 teks. Sampel sekundernya ditentukan secara quota-area-clusster-proportional-random sampling sebanyak 324 orang. Data primer berupa tingkat keterbacaan teks dikumpulkan dengan menerapkan masing-masing formula keterbacaan. Data sekunder berupa kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan tes bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kedua formula di atas cermat menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, dan (2) tidak ada perbedaan kecer-matan antara penggunaan kedua formula di atas dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia.

Kata-kata Kunci: kecermatan, formula keterbacaan, teks berbahasa indonesia

Downloads

How to Cite

Yasa, K. N. (2014). Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4226