Kecermatan Formula Keterbacaan sebagai Penentu Keefektifan Teks Berbahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4226Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) kecermatan formula berbasis bahasa Inggris dan formula berbasis bahasa Indonesia (BI), dan (2) perbedaan kecermatan kedua formula tesebut dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia. Rancangan penelitian ini berupa peneli-tian ex-post facto. Populasi primer penelitian ini adalah teks berbahasa Indonesia dalam BSE seba-nyak 12 teks. Populasi sekundernya adalah siswa kelas IX SMP se-Kota Singaraja Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebanyak 1770 orang. Sampel primer ditentukan secara quota sampling sebanyak 5 teks. Sampel sekundernya ditentukan secara quota-area-clusster-proportional-random sampling sebanyak 324 orang. Data primer berupa tingkat keterbacaan teks dikumpulkan dengan menerapkan masing-masing formula keterbacaan. Data sekunder berupa kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan tes bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kedua formula di atas cermat menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia, dan (2) tidak ada perbedaan kecer-matan antara penggunaan kedua formula di atas dalam menentukan keterbacaan teks berbahasa Indonesia.
Kata-kata Kunci: kecermatan, formula keterbacaan, teks berbahasa indonesiaUnduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)