Komparasi Hasil Belajar Kimia antara Menggunakan Teknik Pencatatan Peta Pikiran dan Peta Konsep
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4622Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan hasil belajar kimia yang dibelajarkan menggunakan teknik pencatatan peta pikiran (mind map) dan peta konsep, dan (2) respon siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik pencatatan peta pi-kiran dan peta konsep. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sawan kelas X tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas X1 dan X3 yang ditentukan secara random. Kedua kelompok kelas dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung namun siswa kelas X1 diberikan tugas membuat catatan berupa peta pikiran, sedangkan siswa kelas X3 diberikan tugas membuat catatan berupa peta konsep. Data penelitian terdiri atas hasil belajar siswa dan respon siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan anakova dengan taraf signifi-kansi 5% dan data respon siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan teknik pencatatan peta pikiran dan peta konsep, dan (2) siswa me-nunjukkan respon yang lebih positif terhadap pembelajaran dengan teknik pencatatan peta pikiran.
Kata-kata Kunci: mind map, peta konsep, pembelajaran kimia, hasil belajarDownloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)