Model Character Development Training (CDT) untuk Meningkatkan Perilaku Anti Plagiat Mahasiswa

Authors

  • Farida Aryani Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4623

Abstract

Telah dikembangkan sebuah model character development training (CDT)  untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model CDT untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 50 orang mahasiswa (pra-eksperimen). Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala perilaku anti plagiat. Data dianalisis dengan menggunakan uji t test untuk melihat perbedaan skor rerata prates dan pascates. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perilaku anti plagiat mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa CDT. Hasil ini menunjukan bahwa model CDT yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan perilaku anti plagiat mahasiswa.

Kata-kata Kunci: moral dan karakter, character development training,  perilaku plagiat

Downloads

How to Cite

Aryani, F. (2015). Model Character Development Training (CDT) untuk Meningkatkan Perilaku Anti Plagiat Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4623