Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Ida Ayu Made Darmayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4907

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menemukan langkah-langkah pembelajar-an dengan pola Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang tepat, yang dapat meningkatkan kete-rampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri 4 Singara-ja. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 15 orang dan objek penelitian dalah keterampilan menulis, aktivitas belajar siswa dan respons siswa. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil peneliti-an menunjukkan bahwa penerapan PBM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa. Siswa belajar dengan aktivitas yang baik yang didukung dengan respons siswa yang positif terhadap penerapan PBM. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah pengelo-laan pembelajaran menggunakan PBM untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraft argu-mentasi.

Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, paragraf argumentasi, keterampilan menulis

Downloads

How to Cite

Darmayanti, I. A. M. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4907