Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4907Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menemukan langkah-langkah pembelajar-an dengan pola Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang tepat, yang dapat meningkatkan kete-rampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri 4 Singara-ja. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja yang berjumlah 15 orang dan objek penelitian dalah keterampilan menulis, aktivitas belajar siswa dan respons siswa. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil peneliti-an menunjukkan bahwa penerapan PBM dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa. Siswa belajar dengan aktivitas yang baik yang didukung dengan respons siswa yang positif terhadap penerapan PBM. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah pengelo-laan pembelajaran menggunakan PBM untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraft argu-mentasi.
Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, paragraf argumentasi, keterampilan menulisDownloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)