Pengaruh Media Facebook dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1843Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Facebook dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis, rubrik penskoran analitik, dan instrumen gaya belajar. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook dan mahasiswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan media Facebook, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis antara mahasiswa dengan gaya belajar field dependent dan mahasiswa dengan gaya belajar field independent. (3) terdapat pengaruh interaksi antara teknik pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Kemampuan menulis mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Facebook lebih baik dibandingkan mahasiswa yang tidak diberikan pembelajaran menggunakan media Facebook. Kemampuan menulis mahasiswa dengan gaya belajar field dependent lebih baik dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar field independent..
Kata-kata Kunci: media Facebook, gaya belajar, kemampuan menulDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)