PEMANFAATAN TOPIK-TOPIK KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN BERBICARA 2

Penulis

  • Sang Ayu Putu Sriasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.127

Abstrak

Penelitian dengan latar mahasiswa semester II dalam perkuliahan Berbicara 2
bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan topik-topik kontroversial dapat meningkatkan mutu
perkuliahan Berbicara 2. Dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas, pemanfaatan
topik-topik kontroversial dalam mata kuliah Berbicara 2 dapat meningkatkan mutu perkuliahan.
Dalam arti, ada peningkatan partisipasi mahasiswa, kelancaran, dan peningkatan emosi serta
semangat dalam berbicara. Mahasiswa lebih tertarik pada topik-topik kontroversial dibandingkan
dengan topik nonkontroversial. Mahasiswa juga memberikan respon yang positif terhadap
pemanfaatan topik-topik kontroversial. Oleh karena itu, pemanfaatan topik-topik kontroversial
dalam perkuliahan Berbicara 2 perlu diteruskan dan dikembangkan.
Kata-kata kunci: topik kontroversial, keterampilan berbicara, aktivitas mahasiswa

Diterbitkan

2010-10-01

Cara Mengutip

Putu Sriasih, S. A. (2010). PEMANFAATAN TOPIK-TOPIK KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN BERBICARA 2. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.127

Terbitan

Bagian

Articles