PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DALAM PERKULIAHAN JURUSAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN: PERAN, PELUANG, DAN TANTANGANNYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.143Abstrak
Perkembangan ICT berlangsung sangat cepat dan semakin murah diakses. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa Jurusan Pariwisata dan Perhotelan belum terampil menggunakan komputer dan internet. Di pihak lain, banyak pengajar belum mampu mengintegrasikan ICT ke dalam perkuliahan karena berbagai mitos yang dimilikinya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran ICT dalam industri pariwisata dan perhotelan dan pemikiran tentang peluang sekaligus tantangan pemanfaatan ICT dalam perkuliahan di Jurusan Pariwisata dan Perhotelan. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) ICT berperan penting bagi industri pariwisata dan perhotelan untuk membantu promosi, membuat keputusan manajerial, meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan; (2) peluang penggunaan pembelajaran berbasis ICT dalam perkuliahan untuk jurusan pariwisata dan perhotelan adalah: mendorong mahasiswa menemukan informasi di internet dan mengirimkannya via email kepada dosen (conceptual learning), mengajak mahasiswa berinteraksi online (collaborative learning), dan membuat mahasiswa melakukan penelitian dan analisis (research and analysis); dan (3) tantangan yang dihadapi pengajar dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis ICT di Jurusan Pariwisata dan Perhotelan antara lain: kurangnya kemampuan dosen dan mahasiswa, kurangnya fasilitas pendukung, dan kurangnya dukungan finansial. Karena keterampilan menggunakan IT merupakan salah satu kriteria penting sebagai profesional manager di bidang perhotelan, maka mahasiswa sangat penting dibiasakan menggunakan teknologi dalam aktivitas pembelajaran.Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis ICT, peran ICT, tantangan pemanfaatan ICT
Unduhan
Diterbitkan
2011-04-01
Cara Mengutip
I Putu Gede Diatmika, P. I. R. (2011). PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DALAM PERKULIAHAN JURUSAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN: PERAN, PELUANG, DAN TANTANGANNYA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.143
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)