Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Peta Pikiran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar

Penulis

  • Ni Wayan Rati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1692

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) terhadap hasil belajar Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam I. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan post test only control group design dengan analisis data menggunakan ANAVA faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran dan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar  yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD; (3) tidak ada interaksi secara signifikan antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar konsep dasar IPA; (4) baik pada kelompok mahasiswa FI maupun FD, terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran dan model pembelajaran konvensional.

Kata-kata Kunci:gaya kognitif, hasil belajar, model pembelajaran kuantum

Diterbitkan

2013-05-01

Cara Mengutip

Rati, N. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Peta Pikiran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i1.1692

Terbitan

Bagian

Articles