Penerapan Model Konstruktivisme Berpendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis

  • Ida Bagus Putrayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i1.1700

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menjawab permasalahan (1) miskonsepsi-miskonsepsi yang terdapat pada siswa tentang subjek dan predikat, (2) efektivitas strategi pengubahan konsepsi, (3) tingkat penguasaan siswa atas konsep-konsep subjek dan predikat, dan (4) komentar siswa tentang model konstruktivisme yang berpendekatan inkuiri dalam mempelajari konsep-konsep subjek dan predikat. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirancang penelitian eksperimen dengan melibatkan dua sekolah yang masing-masing diambil dua kelas untuk dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada tiap-tiap kelas diambil lima belas siswa kelas VII SMP secara acak untuk dijadikan sampel. Data yang terkait dengan permasalahan di atas dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model konstruktivisme yang berpendekatan inkuiri lebih baik daripada model konvensional dalam mempelajari konsep-konsep subjek dan predikat. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru agar menerapkan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (khususnya dalam kalimat).

Kata kunci: konstruktivisme, inkuiri, subjek, predikat

Diterbitkan

2010-05-01

Cara Mengutip

Putrayasa, I. B. (2010). Penerapan Model Konstruktivisme Berpendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i1.1700

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama