Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berpendekatan Siklus ACE Berbantuan LKM Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Analitik Kuantit

Penulis

  • I Nyoman Selamat

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1%20Apr.1728

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Kimia Analitik Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Akademik 2006/2007 yang memprogram matakuliah Kimia Analitik Kuantitatif sebanyak 36 orang. Sedangkan sebagai objeknya adalah aktivitas belajar, hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan siklus ACE berbantuan LKM. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang dalam setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar mahasiswa dalam kategori aktif serta rerata hasil belajar mahasiswa sebesar 70,9. Pada Siklus II, aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan menjadi kategori sangat aktif serta rerata hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan menjadi 77,5. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran ini tergolong positif.

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, siklus ACE, LKM

Diterbitkan

2009-04-30

Cara Mengutip

Selamat, I. N. (2009). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berpendekatan Siklus ACE Berbantuan LKM Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Analitik Kuantit. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1 Apr.1728

Terbitan

Bagian

Articles