Survei Afeksi Guru-Guru Sma Dan SMP Negeri di Kabupaten Buleleng Tentang Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Local Indigenous
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1734Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang afeksi, yakni: (1) penerimaan, (2) partisipasi, (3) sikap, (4) pengintegrasian diri, dan (5) tingkat toleransi para guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng tentang pembelajaran yang berorientasi pada local indigenous.Penelitian ini dirancang dalam desain penelitian deskriptif - kualitatif untuk memper-oleh gambaran tentang afeksi guru. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan wawancara, yang selan-jutnya diolah secara deskriptif-ekplanatif-interpretatif. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa, para guru SMA dan SMP Negeri di kabupaten Buleleng memiliki afeksi (penerimaan, partisipasi, sikap, pengintegrasian diri, dan tingkat toleransi) yang baik tentang pembelajaran yang berorien-tasi pada local indigenous.
Kata kunci: survei, afeksi, local indigenous
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)