Peningkatan Kebugaran Jasmani Dengan Permainan Belka dan Permainan Tradisional Bali (Studi Eksperimen Pada Siswa Putera Kelas V SD LAB. UNDIKSHA)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1752Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas permainan Belka dan permainan tradi-sional Bali dalam meningkatkan kebugaran jasmani siswa SD dengan memperhatikan faktor kemam-puan gerak umum siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi adalah siswa putera kelas V SD Lab. Undiksha sebanyak 45 orang, sampel menggunakan tabel Kretjie, berjumlah 40 orang. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalur dengan taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan (1) ada per-bedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang diberikan perlakuan model permainan Belka dan permainan tradisional Bali terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa. Model permainan tradisional Bali memberikan pengaruh lebih baik daripada permainan Belka; (2) ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang kemampuan gerak umum tinggi dan rendah. Untuk siswa yang memiliki kemampuan gerak umum tinggi dan rendah, permainan tra-disional Bali lebih baik dari permainan Belka; (3) tidak ada pengartuh interaktif antara model per-mainan dan kemampuan gerak umum terhadap kebugaran jasmani siswa.
Kata kunci: kebugaran jasmani, permainan Belka, permainan tradisional
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)