Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran PKN di SMPN 4 Pupuan

Penulis

  • I Ketut Gede Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1755

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar PKn dan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan kelompok siswa yang belajar dengan model konvensional, (2)  mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD  dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model  konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan kelompok siswa yang belajar mengguna-kan model konvensional. Eksperimen menggunakan pengukuran non-equivalent posttest control group design. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) secara bersama-sama terdapat perbedaan hasil belajar PKn dan sikap sosial antara kelompok siswa yang belajar dengan model kooperatif STAD dan model konvensional (F=27,237;p<0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara model  kooperatif STAD dan model  konvensional (F=52,526; p<0,05) , (3) terdapat perbedaan sikap sosial yang signifikan antara model  kooperatif STAD dan model  konvensional (F = 7,445; p<0,05).

Kata kunci : model pembelajaran, hasil belajar, dan sikap sosial.

Diterbitkan

2009-10-31

Cara Mengutip

Arsa, I. K. G. (2009). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam Pembelajaran PKN di SMPN 4 Pupuan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3 Okt). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1755

Terbitan

Bagian

Articles