Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum Dan Mengajar Kimia Pada Jurusan Pendidikan Kimia

Penulis

  • Ida Bagus Nyoman Sudria
  • Manimpan Siregar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1761

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik asesmen keterampilan dasar praktikum Kimia yang telah dikembangkan oleh Sudria (2007) dan membuat rubrik baru untuk ketrampilan dasar mengajar mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian tahun ini hanya melibatkan asesmen kebutuhan, pengembangan produk, dan melalukan uji la-pangan terbatas terhadap penggunaan produk. Masukan dari stakeholders pada tingkat identifikasi kebutuhan yang akan dikembangkan dalam rubrik penilaian dan penilaian produk, serta meminta masukan pakar dan melakukan ujicoba lapangan terbatas dalam validasi telah menghasilkan pro-duk yang diinginkan dengan validitas yang cukup memadai. Produk yang dihasilkan berupa rubrik penilaian keterampilan dasar praktikum Kimia, dan masing-masing sebuah rubrik spesific dan umum untuk penilaian keterampilan dasar mengajar.

Kata kunci : keterampilan dasar, praktikum Kimia, keterampilan mengajar

Diterbitkan

2009-10-31

Cara Mengutip

Sudria, I. B. N., & Siregar, M. (2009). Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum Dan Mengajar Kimia Pada Jurusan Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3 Okt). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1761

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama