Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah.

Penulis

  • Sri Surachmi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1778

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di SMP Negeri 2 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluatif-deskriptif dengan pendekatan ex post facto dalam bentuk studi kasus. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Variabel penelitian adalah aspek kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang mendukung terciptanya sekolah efektif, yang terdiri dari lima indikator, yaitu: perilaku teknis, perilaku hubungan antar manusia, perilaku edukasional, perilaku simbolik, dan perilaku kultural. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner model skala Likert terhadap 140 orang partisipan, dan data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas aspek perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap pengelolaan pendidikan di SMP Negeri 2 Banyuwangi, dilihat dari lima indikator, tergolong sangat efektif. Persentase efektivitas dari indikator perilaku teknis, indikator perilaku hubungan antarmanusia, indikator perilaku edukasional, indikator perilaku simbolik, dan indikator perilaku kultural adalah berturut-turut: 87,23%; 90,60%; 87,04%; 91,13%; dan 92,89%. Rata-rata efektivitas perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah adalah sebesar 89,78%.

Kata-kata Kunci: efektivitas perilaku,  kepemimpinan pembelajaran, perilaku kepemimpinan

Diterbitkan

2012-04-30

Cara Mengutip

Surachmi, S. (2012). Kajian Efektivitas Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1778

Terbitan

Bagian

Articles