Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi.

Penulis

  • Ni Wayan Arini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1786

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dan respons siswa kelas IV SD No. 4 Kampung Baru. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No. 4 Kampung Baru sebanyak 37 orang. Objek penelitian adalah metode peta pikiran berbantuan objek langsung, keterampilan menulis deskripsi, dan respons siswa. Tindakan dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data penelitian adalah data keterampilan menulis deskripsi dikumpulkan melalui pedoman penilaian keterampilan menulis deskripsi dan data respons siswa dikumpulkan dengan angket respons siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode peta pikiran berbantuan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa. Keterampilan menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan dari siklus I (skor rata-rata 15,05) ke siklus II (skor rata-rata 19,08) sebesar 34,21%. (2) Respons siswa terhadap implementasi metode peta pikiran berbantuan objek langsung mencapai skor rata-rata 41,32 (kategori sangat positif). Siswa menyatakan senang belajar dengan difasilitasi metode peta pikiran berbantuan objek langsung dalam menulis deskripsi. Jadi, implementasi metode peta pikiran berbantuan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dan respons siswa kelas IV SD 4 Kampung Baru.

Kata-kata Kunci: metode peta pikiran, objek langsung, keterampilan menulis deskripsi

Diterbitkan

2012-04-30

Cara Mengutip

Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1786

Terbitan

Bagian

Articles