Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana

Penulis

  • Desak Made Sri Mardani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1836

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis indah huruf Hiragana dan Katakana pada mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Undiksha TA 2011/2012. Selain untuk mengetahui hal tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap penggunaan metode serta media visual tersebut. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam penggambilan datanya, yaitu: metode tes, metode observasi serta metode angket. Adapun hasil penelitian ini yaitu: persentase mahasiswa yang memperoleh nilai hasil belajar A pada siklus I dan II adalah berturut-turut 55,5% dan 83,3%. Peningkatan tersebut mengindikasikan bahwa penerapan metode informasi berbantuan media visual dan metode tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis Huruf Hiragana dan Katakana dengan indah pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini didukung pula oleh respon mahasiswa yang positif terhadap penerapan metode serta media tersebut. Pada hasil observasi juga terlihat ada perubahan yang cepat pada penulisan huruf yang dilakukan oleh mahasiswa.

Kata-kata Kunci: huruf hiragana dan katakana, pembelajaran bahasa jepang, media visual.

Diterbitkan

2012-10-01

Cara Mengutip

Sri Mardani, D. M. (2012). Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1836

Terbitan

Bagian

Articles