Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Matematika II Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Penulis

  • I Made Suarjana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2677

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk menghasilkan Buku Ajar Pendidikan Matematika II yang dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) semester IV. Pengem-bangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Produk penelitian berupa Buku Ajar Pendidikan Matematika II yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Prototipe produk divalidasi oleh ahli isi, ahli desain, ahli media, kemudian dilakukan uji perorangan dan uji kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Data yang didapatkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Dari hasil kuesioner dan wawancara diketahui bahwa buku ajar yang dikembangkan layak diterapkan kepada mahasiswa PGSD.

Kata-kata Kunci:pendidikan matematika realistik, buku ajar, model ADDIE

Diterbitkan

2013-07-01

Cara Mengutip

Suarjana, I. M. (2013). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Matematika II Berpendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2 Juli). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2677

Terbitan

Bagian

Articles