Pembelajaran Kooperatif Pola Tematik Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Penulis

  • I.G.A. Agung Sri Asri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4862

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SD No 1 Denpasar Barat Tahun ajaran 2012/2013 melalui pembelajaran kooperatif dengan pola tematik berbasis Lesson Study. Penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis Lesson Study ini berkolaborasi dengan satu guru model dan tiga guru sejawat sebagai pengamat. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif dan afektif, khususnya sikap religius. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan non-tes. Metode tes berupa tes esai, metode non tes berupa metode observasi dan diskusi. Rata-rata hasil belajar aspek kognitif siklus I adalah 62,8 dengan ketuntasan 5,9%, dan rata-rata sikap religius 67,9. Rata-rata hasil belajar aspek kognitif pada siklus II adalah 71,5 dengan ketuntasan 16,3%, dan nilai sikap religius 72,4. Rata-rata hasil belajar aspek kognitif siklus III adalah 78,2 dengan ketuntasan 63,4%, dan nilai sikap religius 82,9. Penerapan pembelajaran kooperative dengan pola tematik berbasis Lesson Study pada pembelajaran SD kelas rendah membutuhkan peran aktif guru dalam memberikan bimbingan dan motivasi.

Kata-kata Kunci: pembelajaran kooperatif, pembelajaran tematik, lesson study

Cara Mengutip

Asri, I. A. S. (2015). Pembelajaran Kooperatif Pola Tematik Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4862

Terbitan

Bagian

Articles