Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa

Penulis

  • Ni Ketut Sari Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4863

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa Semester I Jurusan PPKn Undiksha melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada perkuliahan Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I Jurusan PPKn Undiksha Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah mahasiswa 18 orang. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar mahasiswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 4,38 dengan kategori cukup aktif dan 5,86 dengan kategori sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 76,06 dan ketuntasan klasikal 97,22%  serta pada siklus II skor rata-rata hasil belajar mahasiswa 81,41 dan ketuntasan klasikal 100%. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Kata-kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pembelajaran berbasis masalah

Cara Mengutip

Adnyani, N. K. S. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4863

Terbitan

Bagian

Articles