Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Barong Mini dalam Pem-belajaran Seni Kerajinan Tangan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4904Abstrak
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif pada penerapan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas maha-siswa membuat barong mini dari barang bekas. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UN-DIKSHA UPP Denpasar yang berjumlah 70 orang. Objek penelitian adalah (1) barang bekas yang dapat didaur ulang menjadi barong mini, (2) aktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan proyek pembuatan barong mini, dan (3) kualitas karya seni barong mini yang dibuat mahasiswa. Data di-kumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dan di-sajikan dalam bentuk deskripsi mencakup kegiatan persiapan, proses pembuatan, hasil akhir, dan display. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat me-ngembangkan kreativitas mahasiswa dalam membuat karya seni berupa barong mini. Karya seni mahasiswa termasuk kategori baik (rentang skor 70-95) dan mendapat apresiasi positif dari dosen, guru-guru, dan siswa SD yang berada dekat dengan kampus PGSD UNDIKSHA UPP Denpasar.
Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, seni kerajinan, barong mini, kreativitasUnduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)