Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Barong Mini dalam Pem-belajaran Seni Kerajinan Tangan

Penulis

  • Ketut Sudita

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4904

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif pada penerapan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas maha-siswa membuat barong mini dari barang bekas. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UN-DIKSHA UPP Denpasar yang berjumlah 70 orang. Objek penelitian adalah (1) barang bekas yang dapat didaur ulang menjadi barong mini, (2) aktivitas mahasiswa dalam menyelesaikan proyek pembuatan barong mini, dan (3) kualitas karya seni barong mini yang dibuat mahasiswa. Data di-kumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dan di-sajikan dalam bentuk deskripsi mencakup kegiatan persiapan, proses pembuatan, hasil akhir, dan display. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat me-ngembangkan kreativitas mahasiswa dalam membuat karya seni berupa barong mini. Karya seni mahasiswa termasuk kategori baik (rentang skor 70-95) dan mendapat apresiasi positif dari dosen, guru-guru, dan siswa SD yang berada dekat dengan kampus PGSD UNDIKSHA UPP Denpasar.

Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, seni kerajinan, barong mini, kreativitas

Cara Mengutip

Sudita, K. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Bahan Pembuatan Barong Mini dalam Pem-belajaran Seni Kerajinan Tangan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4904

Terbitan

Bagian

Articles