Implementasi Pedagogy Inklusi di SD Negeri Karanganyar Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.56173Kata Kunci:
Children With Special Needs, Teacher Competence, Inclusive PedagogyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pedagogy inklusi di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi yaitu di SD Negeri Karanganyar Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitiatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu 1 guru kelas inklusi dan 1 Guru Pembimbing Khusus (GPK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Temuan penelitian bahwa kompetensi pedagogy inklusif adalah kompetensi guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik berdasarkan keberagaman siswa dengan upaya melakukan penerimaan, komunikasi, dan upaya membangun lingkungan yang inklusif. Akomodasi kurikulum dilakukan dalam aspek materi, strategi, media, serta penilaian pembelajaran. Guru kelas dan Guru Pembimbing Khusus (GPK) saling bekerjasama dan melakukan perannya masing-masing sebagai fasilitator dan reflektor serta selalu melakukan koordinasi dengan orangtua terkait perkembangan siswa.
Referensi
Alifia Nabila Sausan, Arumdapta Ginta Safitri, Miftahul Jannah, Yana Muzayyana Haqi, & Esya Anesty Mashudi. (2023). Model Pendidikan Discovery Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1402. DOI: https://doi.org/10.28918/asghar.v3i2.1402
Alkhasanah, N., Wahyuni, S., & Fauziati, E. (2022). Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 81–89. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.2.2. DOI: https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.2.2
Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Anan Sutisna, M. P. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan (1st ed). UNJ PRESS.
Ardhiya, A., Audina, R., Ramadani, K. L., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., & Author, C. (2022). Peran Konselor Dalam Mewujudkan Berkualitas Menuju Sdgs 2030. Proseding IOIGC, 2(1), 176–187.
Baroroh, E., & Rukiyati, R. (2022). Pandangan Guru dan Orang Tua tentang Pendidikan Inklusif di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3944–3952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510
Dacholfany, M. I., Suyuti, S., Maq, M. M., Sholihin, C., & Sudadi, S. (2023). Konfigurasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Di Sekolah Luar Biasa Negeri. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11963–11976. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1806.
Dede Rosyada, M. A. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan (M. M.A (red); 1st ed). Prenada Media.
Gunadi, G., & Sumarni, D. (2023). Menilai Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus di SD Cisarua. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.257. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.257
Handoko, Y., Wijaya, H. A., Lestari, A., Efitra, E., & Pamela, E. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan (Efitra (red); 1st ed). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, & Fauzan, A. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Komunikasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440.
Khusus, B., Di, A. B. K., & Jawa, P. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 32(2), 124205. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i2.5057.
Kole, H., Laamena, C. N., & Gaspersz, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dengan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Padegogik, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2518. DOI: https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2518
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072–5087. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11534.
Monica Munthe, L., & Naibaho, D. (2024). Memahami Peserta Didik Melalui Prinsip-Prinsip Kepribadian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 46–52. https://doi.org/https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v2i1.242.
Mumpuniarti, M., Handoyo, R. R., Phytanza, D. T., & Barotuttaqiyah, D. (2020). Teacher’s Pedagogy Competence And Challenges In Implementing Inclusive Learning In Slow Learner. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 39(1). https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28807. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28807
Napitupulu, G., Silalahi, M., & Gultom, S. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Bandar. Journal on Education, 6(1), 5397–5406. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3722.
Nashof, Q. A., Witono, A. H., & Saputra, H. H. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Inklusif Sdn 31 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(1), 139–155. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i1.136. DOI: https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i1.136
Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782
Nugroho, Wisnu Sulistyo, & Minsih. (2021). Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi Melalui Program Identifikasi Dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 111–117. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.414. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.414
Nunung Nuryati, M. P. (2022). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. UNISA Press.
Nuraeni, N., & Gunawan, I. M. S. (2022). Sosialisasi Pendidikan Inklusif dalam Rangka Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.51878/community.v1i2.856. DOI: https://doi.org/10.51878/community.v1i2.856
Oktaviani, E. D. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & others. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati (red); 1st ed). Pradina Pustaka. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw
Prastiwi, Z., & Abduh, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 668–682. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5235. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5235
Purnama Dewi, W., Anriani, N., Sultan Ageng Tirtayasa, U., Jl Raya Palka NoKm, I., Pabuaran, K., & Serang, K. (2024). Pembelajaran Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Journal on Education, 06(02), 11410–11419.
Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152. DOI: https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152
Rofiah, N. H. (2015). Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi. INKLUSI Journal of Disability Studies, 2(1). https://doi.org/10.14421/ijds.020110. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.020110
Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Di Yogyakarta. Al-Manar, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240
Sambung, P. M., Rotty, J. N. V., & Lumapow, R. H. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. cakrawala, 4(1), 88–100. https://doi.org/https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384. DOI: https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384
Saputra, A. (2018). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3). https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-01. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-01
Septy Nurfadillah, M. P. (2023). Pendidikan Inklusi : Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar (A. A. Septiarini (red); 1st ed). CV Jejak (Jejak Publisher). DOI: https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2408
Sihombing, W. F., Widiastuti, M., Waruwu, L., Lubis, B., & Tamba, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengajar Sekolah Minggu di GPKB Lumban Tongatonga Ressort Aek Mabar Distrik V Humbang Kec. Siborongborong Kab. Tapanuli Utara. Jurnal SOLMA, 12(1), 231–237. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.9887. DOI: https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.9887
Sima Mulyadi, M. P., & Anita Kresnawaty, M. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Inklusi Pada Anak Usia Dini. Ksatria Siliwangi.
Sukmaretny, Darmawati, N. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal manajer pendidikan, 15(03), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/mapen.v17i1.29621.
Sulthon, S. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif Di Kabupaten Pati: Harapan Dan Kenyataan. Journal of Disability Studies Inklusi, 6(1). https://doi.org/10.14421/ijds.060107. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.060107
Sumarsono, P., Inganah, S., & Iswatiningsih, D. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial (1st ed). UMMPress. DOI: https://doi.org/10.51543/hiskimalang.v1i2.26
Utami, N. E. B. (2018). Layanan Guru Kelas Bagi Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi (SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 271–290. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164. DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.164
Wangasagirindra Pudjastawa, A., Kusweni, R., Bastian, H., & Seduri Mojokerto Corresponding Author, S. (2023). Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Anak Tuna Rungu-Wicara. Piwulang, 11(2), 128–145. https://doi.org/10.15294/piwulang.v11i2.68442.
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811
Widiada, I. K., Sudirman, S., Darmiany, D., Gunayasa, I. K., & Syazali, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inklusi bagi Peserta Didik Learning Disability di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 1028. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3614. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3614
Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764. DOI: https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Galih Rasita Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)